Memanfaatkan SCRIBD

Apabila kita ingin memberikan fasilitas kepada pengunjung blogger agar dapat menjalankan langsung file file yang kita tampilkan (contoh : presentasi, pdf, doc, xls) kita dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki website SCRIBD. tentu di http://www.scribd.com.
embed-code-copy
Sebelum dapat memanfaatkan fasilitas tersebut, kita harus menjadi member terlebih dahulu atau sign up secara gratis. Aktifasi member biasanya dikirim lewat email kita, caranya dengan mengklik alamat yang dikirim oleh scribd lewat email. Barulah setelah itu kita mendapatkan fasilitas untuk upload / mengirim file ke Scribd. Caranya bisa melalui menu upload, ikuti beberapa instruksi selanjutnya hingga file berhasil “nangkring” di website Scribd. Untuk membukanya kita bisa menuju My Docs, dimana berisi file file yang telah kita upload, setelah itu kita tinggal pilih salah satu dengan mouseklik untuk menjalankannya. Setelah tampil, lihatlah ada beberapa menu diatas tampilan file tersebut. Untuk menjalankan file tersebut di web lain atau blog kita maka gunakan menu Embed. Setelah di klik maka akan ditampilkan address/url yang dapat dicopy di Embed Code, kemudian kita paste kan di web kita. Yang perlu diingat adalah bahwa kita harus telah menjadi member di Scribd agar file tersebut dapat tampil diweb kita.
Apabila menemui kesulitan manfaatkan saja menu help di Scribd. Dengan mengetik kata kunci WordPress kita akan dapat informasi bagaimana cara menampilkan file di blog kita.

Leave a comment